Peralatan Martabak Manis - Akang Aman Martabak
Headlines News :
Home » » Peralatan Martabak Manis

Peralatan Martabak Manis

Written By Cie Pipih on Selasa, 11 Desember 2012 | Selasa, Desember 11, 2012


Perencanaa di perlukan untuk memulai suatu usaha, begitupula saat Anda akan membuka usaha martabak. Ada baiknya Anda menulis daftar barang yang harus Anda beli agar Anda tidak bingung saat akan membuka usaha martabak, dan Anda tidak perlu bingung karena sebagia besar perlatan martabak manis adalah peralatan yang gampang di temukan, ini adalah sebagian besar peralatan yang harus Anda beli jika ingin memulai usaha ini.


1. Gerobak
Gerobak atau counter apapun bisa Anda gunakan. Prinsipnya, buatlah tempat dan meja kerja senyaman mungkin agar Anda dan karyawan Anda senang serta nyaman melakukan aktivitas. Misanya, meja sebaiknya tidak terlalu tinggi dan sempit atau sebaliknya terlalu pendek, lebar dan panjang. Gerobak untuk martabak biasanya dibuat dari bahan almunium dan kaca, atap atau bagian atasnya memakai kanopi tebal. Pilihlah model yang sederhana akan tetapi enak di lihat.


2. Loyang
Loyang martabak terbuat dari besi ancuran. Memiliki berbagai ukuran, contohnya 24-26 cm, 26-28 cm, dan seterusnya. Ukuran 26-28 cm berarti berdiameter dasar bagian dalam Loyang 26 cm, dan diameter atas bagian Loyang 28 cm. Ada juga Loyang yang diameter atas bagian dalamnya jauh lebih lebar dari contoh diatas. Loyang jenis ini sangat tebal dan cukup mahal akan tetapi lebih stabil panasnya, tidak cepat dingin dan tidak cepat panas. Dan karena diameter bagian dalamnya jauh lebih lebar, Anda akan lebih mudah melepaskan martabak jika menggunakan Loyang jens ini. Saya sendiri menggunakan Loyang martabak ukuran 24-26 cm. Sebelum Anda menggunakan Loyang baru Anda , sebaiknya amplaslah bagian dalam Loyang dengan amplas besi yang berukuran lembut (1000) sampai Loyang menjadi halus dan bersih dari karat. Jika bagian dalam Loyang terdapat guratan melingkar bawaan dari pabrik, Anda tidak perlu menghilangkannya. Setelah itu, cuci bersih dan panaskan Loyang dengan api kecil sampai Loyang benar benar kering, lalu matikan api. Jangan menutup Loyang yang masih panas karena akan membuat Loyang dan karatnya pasti akan kembali lagi. Anda tidak perlu menggosoknya lagi walaupun ada beberapa pedagang yang melakukannya. Prinsipnya, Loyang Anda harus tetap bersih dan tetap kering sehingga tidak berkarat serta cukup halus saat akan di gunakan. Anda dapat mengambil sedikit terigu dan gosokan diatas Loyang dengan bantuan lap sehingga Loyang Anda akan lebih licin. Anda dapat melakukan ini sesekali jika mau, terutama jika Loyang terasa kasar.


3. Kompor
Anda dapat menggunakan kompor minyak tanah yang telah dialasi dengan lempengan plat sehingga api tidak menyentuh langsung Loyang martabak. Atau dapat juga menggunakan tungku arang. Dengan menggunakan kompor ninyak tanah, jika Anda belum terbiasa, resiko martabak yang bau minyak tanah serta asap kompor bisa terjadi. Dan jika menggunakan tungku arang, aroma kue lebih alami dan enak, tetapi abu kayu bisa masukkedalam kue jika Anda belum terbiasa. Saya lebih suka menggunakan kompor gas jenis api lilin. Bukan kompor gas 2 tungku yang biasa di gunakan untuk memasak di rumah tangga karena api yang di hasilkan oleh kompor jenis ini terlalu menggumpal di tengah dan tekanannya lebih besar. Namun, ada sebagian pedagang yang menggunakan komor gas jenis ini dengan di alasi plat lebih dahulu seperti menggunakan kompor minyak tanah. Prinsipnya, untuk memanggang martabak dengan baik di butuhkan apiyang rata (sesuai dengan lebar Loyang martabak), tidak perlu besar tetapi harus stabil, dan tidak memerlukan tekanan yang besar (high preasure) seperti kompor untuk memasak Chinese food, cakwe, mie ayam, goreng ayam dan sebagainya.


4. Gerobak tempat kompor
Gerobak tempat kompor jarang ada yang menjual dan siap langsung di pakai. Anda harus memesan ke tukang las. Biasanya ada yang untuk dua, empat, atau enam kompor gas api lilin. Prinsipnya, gerobak ini hanya untuk menjaga agar api kompor tidak tertiup angin sehingga api dan panas Loyang stabil. Untuk itu, posisi gerobak harus benar benar datar. Gerobak harus dibuat sedemikian rupasehingga jarak ujung api kompor gas tidak terlalu dekat atau jauh dengan bagian bawah Loyang. Jika terlalu dekat, Loyang terlalu cepat panas. Jika terlau jauh Loyang terlalu lama panas dan butuh api yang besar sehingga pemakaian gas menjadi lebih boros. Saya menggunakan jarak ujung api dengan bagian bawah Loyang kurang lebih 4 cm. Gerobak tidak boleh ditutp rapat semua, fungsinya:
  • Jika api mati, gas akan mudah keluar, tidak menggumpal didalam gerobak. Ketika api mati, pastikankompor dalam keaadaan off atau mati. Lalu biarkan beberapa saat sampai gas yang terbuang hilang dan tidak berbau gas lagi, baru nyalakan kompor kembali.
  • Agar Loyang tidak terlalu cepat panas.
  • Memudahkan Anda bekerja dan melihat apakah api terlalu besar atau kecil, atau mungkin api nya mati.
Saya tekankan sekali lagi, prinsipnya gerobak harus datar sehingga martabak tidak miring. Jika Anda pernah melihat penjual martabak yang sering memutar Loyang saat sedang memanggang, ini karena api tidak rata sehingga cepat mengembang dan matang pada bagian tertentu saja, atau Loyang nya miring.


5. Tabung Gas
Pastikan untuk memasang regulator pada tabung gas dengan benar. Jika bau gas tidak hilang beberapa saat, lepaskan segera regulator dari tabung gas. Periksa apakah masih berfungsi dengan baik, atau ada selang yang bocor atau pentil karet hitam tempat regulator dipasang tidak pas atau hilang. Hal lain yang perlu diperhatikan, jika Anda bisa memperhitungkan sampai kapan gas bisa digunakan. Anda cukup menggunakan satu tabung gas. Namun, jika Anda ragu, jangan ambil resiko. Bayangkan jika pelanggan sedang ramai ramainya di warung Anda dan tiba tiba Preeeet …. Gas hais dan tidak ada yang menjual gas di dekat Anda, sementara di Loyang masih ada martabak yang belum matang, waaawww… betapa panic nya dan apa kata konsumen Anda?


6. Ember Plastik Bertutup
Untuk membuat adonan martabak manis, Anda cukup menggunakan ember 40 ltr dan tangan Anda. Semua bahan martabak yaitu terigu, gula, vanili dsb di adon samp[ai menjadi adonan yang rata , kental dan halus di dalam ember ini dengan menggunakan tangan Anda.


7. Sendok Melamin
Sendok sayur melamin digunakan untuk meratakan adonan yang baru di tuang kedalam Loyang sekaligus untuk membuat pinggiran kulit yang lebih tinggi sehingga martabak kelihatan lebih menarik. Juga berfungsi untuk mengocok adonan, air dan soda kue saat akan mencetak. Sebenarnya, Anda tidak harus menggunakan sendok melamin, sendok jenis lain pun bisa.


8. Lampu Neon
Gunakan lampu neon sedemikian rupa sehingga gerai Anda terlihat sangat terang. Orang orang yang lewat dapat dengan jelas melihatnya dan bagi konsumen yang sedang belanja, mereka dapat menyaksikan dengan jelas bagaimana Anda atau karyawan Anda mencetak dan member isian martabak sampai di bungkus.


9. Pisau Potong
Tidak ada pisau potong khusu untuk martabak manis. Prinsipnya, gunakan pisau stainless yang tajam, tetapi bukan pisau bergerigi seperti pisau untuk memotong roti atau cake (bolu). Anda harus sering megasahnya. Dengan menggunakan pisau yang tajam, hasil potongan martabak Anda akan menjadi rapi dan lebih menarik.


10. Tutup Loyang
Alat ini sekarang sudah banyak di jual. Cukup gunakan yang berbahan aluminium. Prinsipnya, tutup harus di buat sedemikian rupa sehingga pas dengan lebar Loyang. Tidak terlalu cembung, atau datar sehingga mengganggu pengembangan martabak. Tutup digunakan agar proses pematangan menjadi lebih cepat setelah gula di taburkan di atas martabak.


11. Kape
Anda bisa menggunakan kape berbahan stainless atau besi. Biasanya menggunakan yang berbahan besi saja sudah cukup. Alat ini dapat dibeli di toko bahan bangunan. Prinsipnya,harus selalu bersih dan tidak berkarat karena alat ini di gunakan untuk melepaskan pinggiran kulit martabak dan mengangkat martabak dari Loyang.


12. Sutil Stainless
Alat ini dipakai bersamaan dengan kape. Sutil ditangan kiri dank ape ditangan kanan untuk membantu mengangkat martabak panas dari Loyang ke papan potong. Namun bagi yang sudah terbiasa mencetak martabak, serngkali mereka hanya menggunakan tangan kiri dank ape saja untuk mengangkat martabak.


13. Papan kayu
Anda bisa menggunakan papan kayu yang lebih besar dari yang saya sarankan. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Prinsipnya, Carilah kayu yang kering dan kuat, tahan minyak serta cukup tebal atau berat sehingga tidak bergeser waktu di gunakan untuk memotong.


14. Garpu
Garpu yang digunakan adalah garpu yang sudah dimodifikasi dengan cara menghilangkan mata garpu bagian tengah, sehingga hanya terisi 2 mata saja di bagian tepi nya. Garpu digunakan untuk menahan martabak saat dipotong dan menjaga tangan kiri Anda tidak kepanasan karena martabak yang baru diangkat. Bagi yang sudah terbiasa mengisi dan memotong martabak panas, mereka hanya cukup menggunakan tangan. Menurut Anda mana yang lebih baik? Saya sendiri hanya menggunakan tangan kosong atau sarung tangan plastic waktu member isian martabak, memotong hingga membungkusnya, itu dikarenakan agar bisa meberikan service yang lebih cepat dan tidak ribet. Yang penting konsumen bisa menerima cara ini dan tangan Anda selalu bersih.


15. Wajan (Katel)
Anda cukup menggunakan wajan (katel) berbahan aluminium. Wajan digunakan untuk menyangrai wijen sampai wijen menjadi bulat bulat dan berwarna cokelat muda. Kacang tanah juga disangrai seperti wijen. Tapi jangan lupa untuk mebersihkannya terlebih dahulu dari kotoran dan batu serta kacang tanah yang keriput berwarna gelap dan hijau karena rasanya pahit.


16. Tampah Bambu (Nyiru)
Tampah digunakan untuk memudah kan mencari dan membuang kayu, kotoran atau batu kecil yang terdapat pada kacang tanah atau wijen. Alat ini juga digunakan untuk manampi kulit ari kacang tanah sehingga kacang menjadi bersih dan siap untuk digiling.


17. Gilingan / Roll Kayu
Digunakan untuk meremukan kacang tanah sangria yang sudah cukup dingin menjadi butiran kasar tapi tidak sampai halus. Bisa juga Anda menggukan botol kecap yang telah dicuci bersih dan disisi air sehingga botol menjadi berat.


18. Timbangan
Meskipun Anda hanya menggunakan sendok untuk mengukur bahan, Anda tetap bisa membuat martabak. Hanya mungkin rasa martabak akan berbeda dari hari ke hari atau tidak stabil. Dan jika Anda menggunakan timbangan hasilnya pasti tidak berubah serta stabil. Apalagi jika Anda menggunakan timbangan digital untuk mengukur bahan yang jumlah nya sedikit dalam satuan gram, seperti garam, vanili, soda kue,dan sebagainya. Hasilnya pun akan sangat stabil. Jangan terlalu cepat percaya dengan angka isi atau berat yang tertera pada bungkus bahan karena bisa jadi beratnya tidak sama dengan kenyataan.

Pada dasarnya peralatan ini adalah peralatan yang bisa Anda mudah temukan, mungkin ada beberapa item yang harus Anda pesan dulu seperti loyang ataupun kompor api lilin.

Share this article :

21 komentar:

  1. Kalau beli peralatan yang kualitas nya bagus tapi murah di daerah Bandung di mana Gan ya, tahu gak???
    Di tunggu info nya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. apabila pak Cahya perlu peralatan martabak manis dan asin, saya punya peralatannya momplit, barang masih bagus semua karena cuma terpakai 3 bulan, harga di bawah harga pasar..kalo berminat bisa hub saya di no. HP 08129584385 dengan Gatot SW..tks

      Hapus
    2. apabila pak Cahya perlu peralatan martabak manis dan asin, saya punya peralatannya momplit, barang masih bagus semua karena cuma terpakai 3 bulan, harga di bawah harga pasar..kalo berminat bisa hub saya di no. HP 08129584385 dengan Gatot SW..tks

      Hapus
  2. Beda barang beda tempat Gan ....
    Kalau untuk untuk gerobak mungkin Agan bisa pesan dulu ke tukang etalase ya, di daerah kosmbi Bandung itu murah murah Gan.
    Kalau untuk loyang sama kompor, Agan bisa pesan ke di sini!

    BalasHapus
  3. selamat malam menjelang pagi,,,saya sudah berkali2 mencobaq membuat martabak manis tapi hasilny gagal terus,apa mas juragan bisa ngash tau resp+ ukurannya,,,soalnya saya sudah berminat ingin berkreatif di dumar,dan saya ingin mengembangkan di bangkok tolong dibalas ya mas juragan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm susah juga ya Mas kalau kendalanya adalah jarak!!
      Mungkin nanti akan kami buat artikel tentang resep martabak!!

      Hapus
  4. kalo saya mau beli loyang uk/ 21 brp ya gan?...............

    BalasHapus
  5. loyang uk 21 hrrgnya brp n bisa dkirim ga ya gan..........

    BalasHapus
  6. kalo saya mau beli loyang uk/ 21 brp ya gan?...............

    BalasHapus
  7. kalo saya mau beli loyang uk/ 21 brp ya gan?...............

    BalasHapus
  8. kalo saya mau beli loyang uk/ 21 brp ya gan?...............

    BalasHapus
  9. kalo saya mau beli loyang uk/ 21 brp ya gan?...............

    BalasHapus
  10. kalo saya mau beli loyang uk/ 21 brp ya gan?...............

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Mas kalau loyang ukuran 21 ga ada ya!!!
      Trims!

      Hapus
  11. kalo mau beli loyang martabak manis bisa disini yah? ada yang ukuran apa aja yah?

    BalasHapus
  12. permisi.. kalau mau membeli loyang martabak manis bisakah disini? dan ada ukuran apa sajakah? dan harganya berapak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mbak ,,,e,!
      Ada berbagai ukuran Mbak, Mbak perlunya ukuran berapa??
      Masalah harga tergantung ukuranya!!

      Hapus
  13. Mas kalau mau beli loyang martabak manisnya hubungi kemana ya ? Thanks !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa menghubungi ke no 085795887362

      Hapus
  14. mas pke tepung merek apa ya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita memakai tepung segitiga biru Gan ...

      Hapus

Artikel Terbaru

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Akang Aman Martabak - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger